Follow Us

Selasa, 11 Mei 2010

CONTOH HAIL LAPORAN KEGIATAN SELAMA PSG

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt. Yang telah memberikan rahmat, inayah serta magfirah kepada kami sekalian sehingga kami dapat menyelesaikan pembukuan ini sebagai hasil laporan Pendidikan Sistem Ganda(PSG)
laporan ini kami susun untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Nasional pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Magetan 1, adapun pelaksanaan prakerin bertempat di “DIGITAN EXSPRESS STUDIO,Jl. Kalimantan No.53,Magetan.selama tiga bulan Suksesnya pembukuan hasil laporan ini berkat bimbingan dari semua pihak yang membantu kami selama Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Maka dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :

Kepala SMK Magetan 1, Drs. Sudar Spd, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan PSG
Bapak Midi S.komputer selaku ketua jurusan Komputer Multimedia dan pembimbing yang telah mmberikan bimbingan kepada kami..

Akhir kata kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah berusaha membantu dalam penyusunan laporan ini, dan kami berharap semoga laporan ini dapat berguna khususnya bagi adik-adik kelas kami dan masyarakat pada umumnya.

Magetan, Mei 2010
Trias Ardianto

(penyusun)


LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN KEGIATAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA

DIGITAL EXPRESS
Jl. Kalimantan no:53 Magetan
Tgl 1 Pebruari 2010 s/d 30 April 2010


Laporan
Yang dipersiapkan dan disusun oleh
Nama siswa : Trias Ardianto
No. induk :
Kelas/program study: XI MultiMedia


Telah disahkan dan disetujui :
Pada tanggal: ….,………..,…..




Midi S,kom
Ketua Progam Multimedia


Mengetahui
Kepala SMK Magetan 1 “BPN”


Sudar S,pd


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pendidikan Sistem Ganda

Pendidikan Sistem Ganda(PSG ) adalah salah satu program yang ada di SMK dan merupakan kegiatan yang mengutamakan keahlian dan keterampilan pada siswa-siswi. Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) adalah sebagai perwujudan kebijakan “linkmact” pada umumnya dilaksanakan pada dua tempat yaitu di sekolah dan dunia usaha, perusahaan atau instasi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu siswa-siswi SMK agar mengetahuicara kerja atau menangani pekerjaan dengan baik.

Harapan utama dari Prakerin ini adalah agar siswa dapat mengetahui bagaimana keadaan dunia kerja dan Prakerin waib dilaksanakan oleh para siswa-siswi di SMK. Prakerin juga salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional.

Pada setiap perusahaan di dalamnya memiliki orang-orang yang bekerja di dalamnya untuk menjalankan perusahaan. Salah satu diantaranya Komputer Multimedia
Yang utama dibahas dalam laporan ini yang utama adalah beberapa teknik pelajaran multimedia dan akan dijelaskan pada bab berikutnya.



1.2 Tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

Adapun tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ialah sebagai berikut :
a) Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta menambah wawasan siswa-siswi yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
b) Melatih kerja dan pengamatan teknik-teknik yang diterapkan di tempat Peraktek Kerja Industri (Prakerin) sesuai di bidang keahlian yang dimiliki.
c) Membekali siswa-siswi dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja serta meningkatakn episiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas dan professional.

1.3 Hasil Yang Diharapkan
A) Untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di sekolah.
B) Untuk mencari pengalaman dalam Prakerin di dunai usaha/industri.
C) Meningkatkan dan memperluas proses penyerapan globalisasi.
D) Untuk mencari keselarasan ilmu yang telah didapat di sekolah dengan kenyataan yang ada pada dunia usaha/industri.






BAB II
ADMINISTRASI
1.1 Program Kerja
Bertempat : "Digial Exspress Studio” Jl.Kalimantan No. 53 Magetan
Tanggal : 1 Februari 2010 – 1 Mei 2010 ( tiga bulan)
Pembimbing : Arief Wijayanto
1.2 Organisme dan Mekanisme
1.Agar meningkatkan hubungan kerja sama sekolah dengan UD. DIGITAL EXSPRESS STUDIO.
2. Diharapkan agar adik-adik yang melaksanakan praktek kerja industri supaya membina kerjasama yang baik antara karyawan-karyawati, maupun teman-teman yang sama-sama melaksanakan PSG.
3. Dalam melaksanakan praktek kerja industri/PSG, hendaknya adik-adik memanfatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk membandingkan teori yang didapatkan di sekolah dengan praktek yang ada di perusahaan karena fasilitas yang ada di perusahaan lebih lengkap.




BAB III
PELAKSANAAN
1.1 Realisasi Program
-Membuat Kartu nama, brosur, desain baju, cover disck,undangan.
- Edit Foto
- Edit Vidio
-Dll.
1.2 1.2 Permasalahan
A). Belum adanya peralaan video shoting yang semestinya dibutuhkan oleh siswa jurusan komputer multimedia
B). Telah ter-upgradenya software-software, yang ada di tempat PSG,Sehingga siswa yang semula belajar di sekolah menggunakan software standart, menjadi lebih bingung karena tak terbiasa dengan software tsb.
C). Komputer yang dipakai di tempat PSG, sering Hang,dll
1.3 Pemecahan Masalah
A). Menunggu sampai terpenuhi kebutuhan video shoting
B).Meminta kepada pembimbing PSG, Atau mendownloadnya sendiri
C). Meminta pembimbing psg, agar cepat di service, dan mencoba menservice bersama sama agar, kia para siswa dapat sedikit tahu mengenai komponen yang ada di komputer sekaligus, dapat menservice nya.
BAB III.

P E N U T U P

1.1. Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

I. Bahwa praktek kerja industri (Prakerin) yang penulis laksanakan sangat membantu siswa siswi yang nantinya terjun ke masyarakat unutk mengaplikasikan apa yang diperoleh di bangku sekolah maupun di instansi yang selama mengikuti praktek di instansi tersebut.

II. Dengan adanya program pelaksanaan praktek kerja industri (Prakerin) penulis secara langsung membandingkan dan menyesuaiakanteori yang didapat di sekolah dengan praktek pada dunia usaha atau instansi.

III. UD. DIGITAL EXSPRESS STUDIO, telah memiliki system dan prosedur yang memadahi, untuk menjalankan usaha dibidang komputer multimedia




1.2 Lampiran
Contoh membuat brosur dengan menggunakan program coreldraw :
1. Buka aplikasi corel draw yang sudah di install pastinya. Dengan langkah: klik “start” lalu cari di “search” dengan mengetik “corel draw”.
2. Tentukan warna dan hiasan yang akan menjadi background di brosur yang akan kita buat. Dengan langkah: Buatlah dulu kotak dengan tombol bergambar bentuk kotak sebesar kertasnya, lalu dapat dihias dengan warna dan tekstur/gambar sesuai keinginan dengan cara mengklik tombal di sebelah kiri yang berbentuk dan bertuliskan texture, atau jika hanya inginkan warna, klik dulu kotak yang telah dibuat tadi lalu klik warna yang diinginkan yang tersedia di sebelah kanan.
3. Tentukan posisi untuk menempatkan tulisan kita dengan cara mengklik tombol bersimbol “A” yang terletak di sebelah kiri.
4. Masukkan gambar yang diinginkan menggunakan menu import.
5. Hiaslah dengan efek-efek sebagai peramai brosur
6. Tentukan ukuran yang sesuai dengan ukuran brosur lazimnya.

2 komentar: